Thursday, December 13, 2012

Pengertian Kanker Otak

Cari tau Apa itu Kanker Otak Disini

Pengertian kanker otak – kali ini SarangSemutmu akan membahas tentang Pengertian kanker otak. Kanker otak itu sendiri merupakan salah satu dari bermacam-macam penyakit yang sangat ganas yang mampu membunuh siapa saja yang mengidap penyakit ini. Sudah banyak sekali orang yang meninggal dunia karena pernyakit ini. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk lebih peduli apa pengertian dari kanker otak itu sendiri guna menekan pertumbuhan penyakit mematikan ini.

Apabila kita ingin memahami pengertian dari kanker otak, sebaiknya anda mengerti terlebih dahulu seperti apa system syaraf otak manusia berkerja. Berikut penjelasannya.

Struktur Otak atau Anatomi otak

Sumsum tulang belakang dan Otak merupakan pusat dari sistem saraf. Dengan otak, kita mampu melakukah hal-hal yang kita inginkan dan kita fikirkan dari mulai merasakan, berfikir, merasakan emosi, merasakan haus dan juga lapar, mengontrol suhu, saraf motoric dan lain-lain yang semua itu di kontrol oleh otak kita dan dijalankan oleh seluruh tubuh.

Anatomi otak itu sendiri terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut adalah otak besar (Cerebrum), Otak kecil (Cerebellum) dan batang Otak (Brainstein). Masing-masing dari bagian otak tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Berikut penjelasannya:

Otak Besar (cerebrum):

Otak Besar sering disebut otak terdepan dalam strukturnya. Di otak besar terdapat dua bagian otak yang sangat penting peranannya yaitu otak kiri dan otak kanan. Seperti yang kita ketahui, otak kanan dan kiri memiliki fungsi untuk segala koordinasi fikiran dan juga rasa. Tugas dari otak besar adalah : menyeimbangkan gerakan, berfikir, menjaga seluruh indra perasa baik pendengaran sampai dengan sentuhan, mengontrol emosi, dan pembelajaran atas kreatifitas dan logika.

Otak Belakang atau Otak kecil (cerebellum):

Otak kecil bisa disebut otak belakang, karena memang letaknya ada pada dibelakang kepala. Otak kecil sangat penting guna untuk menjaga postur tubuh dan koordinasi gerakan sukarela seperti mengedip, dan juga menjaga keseimbangan.

Otak Tengah atau Batang Otak (brainstem):

Batang otak adalah otak yang terdapat diantara otak kecil dan otak besar. Didalamnya terdapat struktur otak yang lain yaitu medulla dan pons. Fungsi dari batang otak adalah meliputi seluruh rasa dri tubuh manusia, dari rasa nyeri, nikmat, mendetakan jantung, muntah, menelan, batuk, dan kesadaran. Bisa disimpulkan semua rasa yang ada ditubuh, otak tengah sangat berperan penting untuk itu semua.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut dijelaskan bagian-bagian yang lain dari anatomi otak manusia, yaitu :

  • Medulla: Bisa dibayangkan bahwa medulla merupakan struktur otak yang penting karena medulla merupakan Center atau pusat yang mengontrol detak jantung dan fungsi paru-paru untuk bernafas. Medulla itu sendiri terdapat di bagian paling bawah batang otak atau Otak tengah.
  • Syaraf tulang belakang Syaraf tulang belakang bisa di analogikan seperti batang dari sebuah pohon karena memiliki fungsi yang persis sama. Fungsi dari syaraf tulang belakang adalah menyampaikan pesan-pesan dari otak keseluruh tubuh dan sebaliknya. Syaraf tulang belakang itu sendiri terletak di bagian belakang tubuh kita dan memanjang dari otak sampai ke bawah punggung. 
  • Pons Memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh bagian wajah dari mulai koordinasi mata sampai dengan pergerakan pipi. Pons terletak dibagian yang sangat dalam diotak yang ada di otak tengah.
Otak juga teridiri dari beberapa bagian yang dinamakan lobus. Lobus itu sendiri terdiri dari bermacam macam. Berikut penjelansannya :
  • Parietal Lobus: Parietal lobus memiliki fungsi untuk memahami hubungan spasial. Contohnya adalah ketika manusia di bandingkan dengan benda atau objek disekitar mereka. Selain itu, Parietal lobus juga memiliki fungsi untuk identifikasi dan juga sebagai penghubung rasa dari luar ketubuh seperti rasa sakit dan juga sentuhan
  • Oksipital Lobus: Seperti namanya yaitu Oksipital lobus yaitu memiliki tugas sebagai central untuk penglihatan. Oksipital Lobus terdapat di bagian paling belakang otak, atau di tempat Otak kecil.
  • Temporal Lobus: Temporal lobus ini memiliki peranan untuk mengatur indra penciuman, memori, dan juga menyalurkan apa yang difikirkan di otak lalu di ucapkan.
  • frontal Lobus: Frontal lobus memiliki peranan atas seluruh koordinasi gerakan dan juga mempengaruhi kepribadian manusia. Frontal lobus terdapat di bagian paling depan dan lobus frontal adalah yang terbesar dibandingkan dengan yang lain.
Yang disebutkan di atas adalah anatomi otak yang harus kita pahami apabila kita ingin mengerti tentang kanker Otak. Nah saatnya kita membahas tentang pengertian kanker otak itu sendiri.

Pengertian Kanker Otak

Kanker itu adalah kumpulan sel-sel jahat yang berkembang tidak terkendali di tubuh. Sedangkan Pengertian Kanker Otak itu sendiri adalah sel-sel yang menjajah atau sel yang berkembang tidak terkontrol di bagian otak manusia. Kanker otak adalah kanker yang sangat jarang sekali menyerang bagian tubuh yang lain. Kanker otak biasanya hanya menyerang bagian otak saja.

Beberapa pakar kesehatan di Indonesia lebih suka menyebut kanker Otak dengan sebutan Tumor otak. Pada kasus yang kebanyakan mengalami kanker otak jinak atau tumor otak yang jinak, ketika sel kanker atau sel tumor tumbuh, hal tersebut mampu untuk menekan dan bahkan menghancurkan saraf-saraf yang ada di otak. Kebanyakan yang mengalami hal demikian menderita kelumpuhan atau cacat yang sangat fatal.

Pada saat orang divonis mengidap kanker otak, biasanya para dokter memfokuskan kepada tingkat kecepatan penyebaran sel kanker ke seluruh jaringan otak maupun ke sumsum tulang belakang. Dengan memfokuskan ke tingkat penyebaran sel, maka dokter bisa melakukan tindakan apapun untuk melakukan pengangkatan agar kanker tidak muncul dan kambuh lagi.

Yang perlu anda ketahui adalah, jaringan otak pada orang dewasa dan anak-anak berbeda. Hal tersebut yang mempengaruhi percepatan penyebaran kanker dan juga tips pengobatan yang akan dilakukan dokter untuk mengatasi kanker otak. Akan tetapi yang kebanyakan di bahas pada artikel ini adalah struktur otak dewasa. Nah itu dia sekilas tentang pengertian kanker Otak. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More