Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Penyakit jantung rematik

Kenali Penyakit Jantung Rematik Disini

Penyakit jantung rematik - kali ini SarangSemutmu akan membahas tentang sesuatu yang mungkin masih terdengar asing di masyarakat jaitu Penyakit jantung rematik. Banyak diantara kita kurang mengenai informasi tentang penyakit jantung rematik. Penyakit ini pada dasarnya merupakan kondisi pada jantung yang mengalami kerusakan berupa penyempitan pembuluh darah. Biasanya penderitanya merasakan sakit atau nyeri dibagian jantung. Dalam dunia kedokteran penyakit jantung rematik ini disebuat sebagai Rheumatic Heart Disease. Penyakit ini sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian bagi si penderitanya.

Penderita penyakit jantung rematik ini pada awalnya akan merasakan sesak dalam bernafas karena jantungnya mengalami gangguan dan rasa sakit pada bagian jantung. Gejala lain dari penyakit jantung rematik ini adalah adanya benjolan keci di kulit terutama di bagian bawah kulit, rasa nyeri dan sakit di bagian perut sehingga akan kehiangan berat badan. Apabila tanda dan gejala tersebut ada pada anda, maka anda harus segera berobat dan berkonsultasi ke dokter ahli untuk mengambil tindakan cepat untuk kesembuhan dan kesehatan anda.
Beberapa tanda-tanda dari fisik seperti diatas, anda dapat melakukan periksa secara rutin ke dokter ahli. Beberapa pemeriksaan tersebut dapat berupa periksa darah secara rutin, CRP, dan lain-lainnya. Penyakit jantung rematik berkembang dari virus streptococcus yang dapat menyerang langsung ke jantung. Pengobatan yang dilakukan oleh dokter adalah dengan memberikan antibiotic pada si penderitanya. Selain itu dokter akan memberikan diet bergizi tinggi untuk menunjang vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.
Apabila tidak dicegah secara cepat maka akan berakibat fatal seperti gagal jantung pada si penderitanya. Maka biasanya dokter akan memberikan terapi ringan untuk mengatasi kesakitan dan keluhan dari si penderitanya. Namun bagi si penderita yang tidak memiliki gejala yang berlebihan seperti di atas akan jarang membutuhkan terapi lagi.
Penyakit jantung rematik ini berawal dari timbulnya demam rematik pada si penderitanya. Oleh karena itu si calon penderita harus bisa untuk menghindari terkenanya demam rematik ini atau terserang virus streptococcus. Penderita yang terkena penyakit ini juga memiliki kelainan pada jantungnya.

Beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya penyakit jantung rematik ini antara lain berasal dari faktor diri sendiri dan faktor lingkungan.

  • Kelainan pada faktor genetic si calon penderitanya
  • Terjadi karena keadaan gizi dan kondisi tubuh yang sering tidak di jaga dengan baik.
  • Pola kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alcohol
  • Selain itu faktor cuaca ekstrim dan udara dingin akan mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan sehingga akan menderita penyakit demam rematik terlebih dahulu dan selanjutnya akan berkembang menjadi penyakit jantung rematik.
  • Kondisi lingkungan yang tidak sehat dan kondisi sosial yang buruh
Sampai saat ini penyakit ini hanya dapat di obati dengan memberikan antibiotic dan terapi. Namun para ahli belum menemukan obat untuk menghilangkan penyakit jantung rematik ini. Oleh karena itu anda harus menjaga kesehatan sebaik mungkin begitu juga dengan keluarga anda.  Demikian beberapa informasi penjelasan mengenai penyakit jantung rematik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments: