Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Kanker Darah

Penjelasan Tentang Apa itu kanker darah ada disini. Yuk pelajari dan Cegah penyakit kanker Darah

Kanker darah – Kali ini SarangSemutmu akan membahas tentang apa itu kanker darah dan klasifikasi dari Kanker Darah. Kanker darah merupakan penyakit yang teramat sangat berbahaya. Apabila ada orang yang mengidap penyakit tersebut, maka dia sudah bisa di anggap menerima Vonis Hukuman mati. Meskipun demikian, kanker darah bukanlah penyakit yang tidak bisa di obati. Asalkan kita mengetahui caranya dan mulai membiasakan care terhadap diri sendiri, bukan tidak mungkin kanker darah bisa diobati. Sebelum kita membahas mengenai Kanker Darah, alangkah baiknya apabila kita mengenal Apa itu darah, dan apa sebenarnya Funsi dari darah.

Sekilas Tentang Darah Manusia

Darah merupakan cairan-cairan yang ada di dalam tubuh baik itu manusia dan juga hewan yang memiliki peranan penting untuk kehidupan. Darah memiliki fungsi umum yaitu membawa Oksigen untuk di alirkan keseluruh tubuh. Selain itu, Darah juga memiliki fungsi untuk menjaga tubuh kita diserang oleh bermacam-macam penyakit. Hal itu dikarenakan darah juga mengangkut zat metabolisme yang berguna untuk membentuk Sistem kekebalan Tubuh. Darah juga mengalirkan Hormon yang berasal dari Sistem Endokrin.

Pada Umumnya darah memiliki warna merah. Warna merah disebabkan karena kandungan didalam darah yang bernama Hemoglobin memiliki kandungan Besi yang bertugas untuk mengikat Oksigen didalam darah. Perbedaan warna darah bisa terjadi karena Besar atau kecilnya kandungan oksigen yang diikat dalam darah. Semakin tua warna darah, semakin sedikit osigen yang terdapat didalam darah manusia.

Mungkin sekilas pengertian tentang darah cukup sampai disini. Sebenarnya pembahasan mengenai darah begitu luas dan begitu rumit akan tetapi disini tidak akan dijelaskan sampai ke dalam-dalamnya mengenai darah. :) sekarang mari kita bahas mengenai Funsi Darah manusia. Berikut ini beberapa Fungsi darah manusia :

1.     Alat pengangkut sari makanan.

Manusia apabila memakan makanan, maka sari pati yang diolah didalam lambung manusia akan langsung diedarkan oleh plasma darah keseluruh tubuh.  

2.      Alat pengangkut Hasil Oksidasi

Setelah Tubuh Kita mengolah zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, maka ada beberapa zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita. Hal itu dinamakan Sisa Oksidasi. Sisa Oksidasi itu bisa berupa gas Karbon Dioksida. Karbon dioksida ini akan diangkut oleh plasma darah untuk dikeluarkan dari tubuh manusia.

3.     Penyembuh Luka

Darah mampu untu menutupi luka yang terbuka dari kepingan darah yang ada didalam tubuh manusia

4.     Alat pembunuh kuman berbahaya.

Kuman-kuman berbahaya yang masuk kedalam tubuh manusia, bisa di bunuh dengan kandungan sel darah putih dalam darah.

5.     Menstabilkan Suhu tubuh manusia

Yang terakhir dari fungsi darah adalah menstabilkan suhu tubuh.

Diatas kita sudah membahas tentang apa itu darah dan juga fungsinya. Sekarang mari kita bahas pembahasan utama kita yaitu Kanker Darah.

Pengertian Kanker Darah

Kanker Darah sering biasa disebut dalam dunia medis adalah LEUKIMIA. Kanker darah atau Leukimia merupakan sel-sel yang tumbuh tidak terkontrol dalam darah atau bisa dikatakan, neoplasma yang terdapat didalam Sel darah putih mengganas yang mengakibatkan Sel darah putih bertambah banyak secara tidak Normal yang tersebar keseluruh aliran darah.

Sel yang tidak terkontrol tersebut menyerang secara progresif keseluruh jaringan tubuh manusia, dan akan semakin parah apabila kanker darah mulai menyerang Sumsum Tulang. Sumsum tulang merupakan tempat diproduksinya sel darah merah, bayangkan apabila sumsum tulang diserang oleh kanker, maka produksi darah merah akan terganggu sehingga bisa menyebabkan kekurangan darah atau yang biasa disebut Anemia.

Golongan Kanker Darah / leukimia

Sekarang mari kita bahas mengenai golongan Kanker darah. Klasifikasi kanker darah bisa digolongkan menjadi 4 bagian yaitu :
  • Leukima Limfositik akut
  •  Leukimia Limfositik Kronis
  • Leukimia Mielositik akut
  • Dan Leukimia Mielositik Kronis.
Pada tahapannya, Klasifikasi kanker darah yang Kronis akan berlanjut menjadi Leukimia akut. Berikut Penjelasannya

Leukemia Limfositik Akut

Leukimia Limfositik akut adalah salah satu dari penyakit dari kanker darah yang sering sekali menyerang Anak-anak. Sampai dengan saat ini para pakar medis yang mempelajari tentang kanker darah berlum menemukan penyebab pasti dari Leukimi Limfositik akut ini. Kesimpulan sementara mengenai penyebab penyakit ini adalah Faktor Genetika, Radiasi dan juga zat Kimia yang tidak bisa ditahan oleh tubuh, dan juga faktor imunologik.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari Leukimia limfositik seperti, Pendarahan Gusi, Darah yang keluar dari Hidung atau Mimisan, Mudah memar, Badan yang mudah merasakan Lelah, jantung yang berdenyut dengan Cepat, wajah Pucat pasi, Berat Badan Yang menurun drastis, kekurangan darah, dan juga munculnya bintik berwarna Coklat tua di tubuh.

Leukemia Limfositik Kronis

Leukemia Limfositik Kronis banyak menyerang orang-orang yang sudah dewasa dengan kisaran umur di atas 40 tahun sampai dengan 60 tahun. Leukemia Limfositi Kronis merupakan klasifikasi dari kanker darah yang paling ringan. Perkembangannya lamban dan juga sangat jinak dibandingkan dengan tipe kanker darah yang lain. Penyebabnya merupakan Faktor Genetika. Gejala dari Tipe kanker darah yang ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya.

Leukemia Mielositik Akut

Leukemia mielositik akut adalah perkembangan dari sel mielosit normal menjadi sel darah putih yang mengandung banyak kandungan granula atau Granulosit. Perubahan tersebut dengan seiring berjalannya waktu akan semakin mengganas sehingga akhirnya menyebar keseluruh jaringan tubuh dan sum-sum tulang. Ini merupakan tipe kanker darah yang paling Ganas dan sangat mematikan

Leukemia Mielositik Kronis

Tipe Leukimia mielositik Kronis disebabkan karena sel darah putih yang mengandung banyak granula membelah diri secara signifikan dan tidak normal didalam Jaringan tubuh maupun sumsum tulang belakang. Pada tahapan kronis, Hampir semua jenis kanker darah disebabkan karena peningkatan Granulosit yang membuat Berat badan menurun. Waspadai apabila anda mulai kehilangan berat badan anda, karena itu bisa berarti gejala kanker darah.

Apabila seseorang sudah memiliki kanker darah dalam tahapan akut, maka bisa dipastikan hidupnya tidak akan bertahan lama. Harapan hidup untuk kanker darah Akut hanya berkisar beberapa minggu saja, bahkan ada yang sampai meninggal hanya dalam hitungan hari saja. Berbeda dengan Tipe kronis, harapan untuk hidup untuk penderita kanker darah tipe kronis jauh lebih lama yakni bisa mencapai satu tahun bahkan lebih. Salah satu yang mesti anda pegang adalah Meskipun Banyak pakar dan dokter mengatakan Harapan Hidup sangatlah tipis, kita tidak boleh menyerah pada keadaan. Karena kematian adalah rahasia Tuhan Yang maha kuasa. Teruskan berikhtiar jangan pernah berhenti, dan yakni keputusan Tuhan yang terbaik.

Semoga artikel mengenai kanker darah ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain mengenai penyebab kanker darah, ciri-ciri kanker darah, gejala kanker darah, dan juga cara mengobati kanker darah yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Terimakasih.

No comments: