Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Cara Mencegah Kanker

Beberapa cara Menurunkan Resiko penyakit Kanker

Kali ini www.SarangSemutmu.Blogspot.Com akan berbagi tentang cara mencegah kanker. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tidak ada seorangpun yang mau dirinya divonis penyakit kanker. Karena semua orang tau bahwa kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan juga sangat sulit untuk diobati. Beragam macam faktor penyebab penyakit kanker, dan semuanya adalah berasal dari hidup yang tidak sehat.

Hidup yang tidak sehat sangat rentan terkena penyakit mematikan  yang satu ini. Tentunya dengan merubah gaya hidup kita dengan gaya hidup yang lebih sehat maka bisa saja kita tidak akan pernah terkena penyakit ini selamanya. Sebaliknya, jika anda memiliki gaya yang hidup yang tidak sehat maka sangat mungkin kita terjangkiti penyakit kanker. Nah dibawah ini merupakan cara mencegah kanker yang bisa anda lakukan untuk kesehatan anda :

Hentikan kebiasaan merokok

Penelitian sudah membuktikan bahwa para perokok sangat rentan terkena penyakit kanker. Tidak tanggung-tanggung persentase terjangkitnya penyakit kanker bagi para perokok adalah 85% (LUAR BIAASAA). Rokok mampu merangsang terjadinya kanker, seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker seviks, kanker rahim, ginjal, dan lain-lain.

Bahaya rokok bukan hanya bagi orang yang aktif merokok saja, bahkan orang yang menghirup asap rokok dari perokok aktif bisa juga menimbulkan penyakit kanker. Maka dari itu, STOOPP merokok sekarang juga. Agar hidup kita jauh lebih sehat.

Pilih makanan yang sehat dan bergizi

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi sangat mungkin tubuh kita kebal oleh sel-sel kanker yang ingin menyerang tubuh kita. Contoh dari makanan yang sehat yang bisa anda konsumsi adalah sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan rendah lemak. 

Rajin berolahraga dan menjaga berat badan

Dengan rajin berolahraga dan juga menjaga berat badan kita maka hal tersebut bisa membantu anda untuk mencegah resiko terkena penyakit kanker. Menjaga berat badan disini bukanlah anda melakukan pengurangan porsi makanan sehaat anda, akan tetapi dengan cara pola makannya yang dirubah. Sebagai contoh, usahakan jadwal makan anda tidak pada saat anda mau tidur, kalau bisa 3 jam sebelum anda tidur anda sudah makan malam. 

Selain itu, jika anda rajin berolahraga minimal 20 menit setiap harinya maka hal tersebut sangat membantu anda untuk menurunkan resiko terjadinya kanker, terutama kanker paru-paru, usus, dan payudara.

Jaga diri dari sinar matahari

Kanker Yang paling sering menyerang manusia di dunia tkhususnya di Indonesia adalah Kanker Kulit Meskipun kanker kulit sering sekali menyerang manusia namun pencegahan terhadap kanker ini cukup mudah dilakukan asalkan kita mau menjalankan tips ini. Asalkan anda bisa menjaga diri dari sengatan sinar matahari di waktu tengah hari maka anda telah mencegah penyakit kanker kulit sebesar 75%.

Waktu yang paling menyengat dari matahari adalah diantara pukul setengah 11 sampai dengan jam 3 sore. Namun apabila anda terpaksa harus keluar pada waktu tersebut, maka gunakanlah pakaian maupun aksesoris yang mampu mencegah anda dari kontak langsung dengan sinar matahari, seperti kacamata, topi, dan juga sarung tangan apabila anda membawa motor.

Usahakan anda berpakaian yang mampu untuk memantulkan sinar ultra violet berbahaya dari matahari. Pakaian yang mampu mencegah anda dari sinar UV adalah pakaian yang berwarna terang dan juga Gelap. Bisa juga anda melindungi kulit anda dari matahari dengan menggunakan cream tabir surya. 

Suntik pencegahan kanker (vaksin)

Pencegahan yang mungkin sekali anda lakukan adalah dengan suntik vaksin. Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa penyebab dari penyakit kanker adalah virus. Contohnya adalah penyakit kanker hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B.

Suntik vaksin hepatitis B sangat disarankan dilakukan oleh para balita dan dilakukan secara rutin.  Akan tetapi vaksin untuk pencegahan virus Hepatitis B bisa juga dilakukan oleh orang yang sudah dewasa yang memiliki resiko besar tertular kanker ini. Yang paling beresiko terkena penyakit ini adalah orang yang melakukan hubungan sesama jenis dan juga para profesi yang dituntut untuk bersentuhan dengan cairan atau juga darah dari tubuh orang lain. Sekarang sudah ditemukan juga vaksin untuk kanker serviks Yaitu vaksin yang mampu mencegah virus HPV. 

Jauhi Kebiasaan yang Buruk yang bisa menimbulkan kanker

Kebiasaan buruk adalah penyebab terbesar dari penyakit kanker. Kebiasaan buruk seperti anda sering merokok, berganti banyak pasangan di ranjang, bergantian jarum suntik dan sering makan-makanan yang tidak sehat mampu meningkatkan resiko anda terkena penyakit kanker. Penyakit kanker yang dapat ditimbulkan adalah kanker serviks, prostat, anus, penis, vagina, kanker hati, HIV, dan lain-lain yang pastinya sangat mematikan dan dapat membuat hidup kita makin menderita.

Rutin lakukan pemeriksaan sedari dini.

Rajin-rajin memeriksakan diri kedokter sangat membantu anda untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker, dimulai dari pemeriksaan mandiri secara manual yaitu dengan cara mengecek tubuh apakan ada benjolan dan juga pemeriksaan lain seperti pap smear, dan lain-lain. Karena apabila anda sering memeriksakan diri kedokter dan anda didapati mengidap penyakit kanker stadium awal, maka kecenderungan anda untuk sembuh sangat besar. 

Semua tips yang ada diatas adalah cara untuk mencegah kanker. Apabila anda melakukan semua tips yang ada diatas dimulai dari sekarang maka anda akan menikmati hidup sehat seumur hidup anda.

No comments: