Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

kurang tidur bisa menimbulkan penyakit

Tau tidak? Penyakit kanker, Alzheimer dan semakin parahnya diabetes dipengaruhi oleh Kurang Tidur??

Tau tidak,? Ternyata kebiasaan kita dalam sehari-hari bisa berdampak yang sangat buruk terhadap kesehatan kita. Bahkan seperti yang ada dijudul ini bahwa apabila kita membiasakan diri bergadang akan bisa menimbulkan penyakit bahkan kanker. Hal itu sudah diteliti oleh sebuah organisasi study yang berada di amerika yang telah mengambil sample kurang lebih 6000 orang. Di penelitian itu muncul hasil yang sangat mengejutkan yaitu hampir lebih dari 45% orang yang tidur kurang dari tujuh jam berpotensi mengidap penyakit kanker dibandingkan orang yang cukup tidur. Bahkan para ahli sependapat bahwa apabila kita memiliki kebiasaan bergadang maka mampu untuk merangsang tubuh kita dihinggapi oleh bermacam-macam penyakit seperti : darah tinggi, diabetes, obesitas, hipertensi dan bahkan kanker.

Memang sampai saat ini belum diketahui jelas kenapa orang yang sering bergadang atau intensitas tidurnya kurang bisa terkena penyakit-penyakit tersebut. Akan tetapi, orang sering menganggap kekurangan tidur adalah hal yang biasa dan masalah ini kadang-kadang tidak menjadi perhatian masyarakat. Padahal kalau mereka tau dampak yang diakibatkan dari kurangnya tidur maka dapat menyebabkan kita terserang penyakit kanker.

Hal itu cukup bisa dimengerti karena tuntutan zaman yang semakin lama, semakin maju seperti tuntutan pekerjaan, urusan bisnis, dan lain-lainnya yang menjadi penyebab over kegiatan yang menjadi faktor kurang tidur bagi seseorang.

Nah kali ini kita akan membahas tentang dampak negatif dan penyakit-penyakit yang dapat timbul apabila kita jarang tidur. Berikut penyakitnya :

Menjadi penyebab Alzheimer

Bahaya lain yang dapat ditimbulkan akibat kurangnya intensitas tidur selain kanker adalah Alzheimer. Orang-orang yang jarang tidur sangat rentan sekali terkena penyakit Alzheimer. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan yang juga menjabat menjadi Direktur unit kesehatan di Loughborough University yaitu Bpk Prof Kevin morgan, beliau mengatakan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari normalnya waktu tidur dalam kesehariannya dapat mengikis kekebalan tubuh.

Bahkan seorang Dr Yo-El Ju yang terkenal sebagai pakar neurology menyatakan bahwa orang yang ingin dirinya terhindar dari penyakit Alzheimer adalah dengan hanya memperbaiki kualitas tidur. Karena apabila orang yang memiliki kualitas tidur yang baik, hal itu bisa menghilangkan plak-plak yang tertimbun diotak yang menjadi faktor penyakit Alzheimer

Yang perlu diperhatikan disini adalah kualitas tidur yang baik adalah bukan orang yang tidur dengan jam lebih banyak melainkan tidur yang berkualitas adalah apabila kita mengalami panggilan tidur yaitu pada saat kita mengantuk.

Meningkatkan kadar Gula dalam tubuh yang memperparah diabetes.

Kurang tidur selain beresiko menimbulkan penyakit kanker dan Alzheimer, kurang tidur dapat juga memperparah diabetes kita. Banyak yang bertanya “Mengapa bisa demikian?” alasannya adalah, ternyata tubuh kita ini memproduksi DHEA yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dimana DHEA ini berfungsi untuk merangsang kita untuk tidur nyenyak.

Apabila kita kekurangan zat DHEA maka akan memicu banyaknya Kortisol yang ada ditubuh kita yang dimana senyawa kortisol adalah senyawa yang bisa meningkatkan stress. Apabila kita sering mengalami stress yang diakibatkan oleh kurang tidur maka system yang ada ditubuh kita akan menjadi kacau dan berdampak pada rusaknya hormone insulin yang bertugas mengedarkan gula keseluruh tubuh. 

Apabila ini terus dibiarkan maka sudah dapat dipastikan diabetes kita akan semakin parah dan bisa memberikan gangguan-gangguan kesehatan yang lain yang diakibatkan oleh penyakit diabetes.
Untuk mencegah hal itu bisa terjadi, maka sekali lagi kualitas tidur yang baik dan juga cukup adalah salah satu tips yang sangat baik untuk menghindari penyakit-penyakit yang kronis. Semoga dengan dibuatnya artikel ini kita bisa lebih care lagi terhadap kesehatan tubuh kita. Jangan Lupa Baca Artikel kami yang lain seperti Cara Mengobati Stroke, Cara mengobati kanker Otak, dan artikel Mengenai Penyakit lainnya yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan kita. Terimakasih.

No comments: