Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

GEJALA PENYAKIT REMATIK

Cegah Penyakit rematik dengan tau gejalanya

Gejala penyakit rematik – kali ini SarangSemutmu akan membahas tentang apa-apa saja yang menjadi Gejala penyakit rematik. Gejala penyakit rematik selalu menyerang anggota gerak tubuh seperti persendian, otot, tulang, serta leher. Rasa yang timbul akibat penyakit ini sama seperti dengan keseleo atau terkilir. Namun perbedaannya antara kedua penyakit tersebut adalah terjadinya peradangan pada penyakit rematik. Penyakit rematik  terjadi karena berbagai faktor.

Pada artikel yang tetap membahas penyakit rematik secara mendalam, kali ini kita akan berdiskusi yang berfokus pada gejala penyakit rematik. Penyakit ini biasanya dipengaruhi oleh autoimun. Yang akan menyerang system kekebalan tubuh si calon penderitanya. Sehingga membuat tulang rawan di sekitar persendian menjadi tipis dan rentan rusak. Akibat kerusakan tersebut, maka tubuh akan membuat tulang baru untuk mengganti kerusakan tersebut. Karena tulang tersebut bersinggunganlah yang menyebabkan rasa nyeri atau rasa sakit di persendian. 

Berikut ini penjelasan dan gejala penyakit rematik yang sering kita temui serta faktor faktor yang menimbulkan penyakit rematik tersebut :

a.      Faktor pekerjaan yang banyak

Pekerjaan yang banyak dan berat menjadi salah satu faktor dan gejala penyakit rematik. Kita tidak memperhatikan secara baik posisi atau sikap tubuh pada saat melakukan pekerjaan. Oleh karena itu akan mempermudah munculnya penyakit rematik.

b.      Faktor usia

Dengan usia yang bertambah juga mempengaruhi kondisi tubuh dan kekebalan tubuh. Selain itu cairan yang ada pada persendian tiap tulang juga akan berkurang dan menipis dengan sendirinya apabila tidak dijaga dengan baik. Sehingga akan membuat tubuh menjadi kaku dan akan sakit untuk digerakkan.

c.       Faktor makanan yang di konsumsi

Beberapa makanan dapat menjadi faktor yang penyebab terjadinya penyakit rematik. Salah satu jenis penyakit rematik yang sangat dipengaruhi oleh makanan yaitu penyakit rematik gout atau asam urat. Makanan yang mengandung lemak merupakan salah satu timbulnya penyakit rematik.

d.      Faktor hormon

Keroposnya tulang merupakan salah satu jenis penyakit rematik. Biasanya sering dirasakan oleh wanita yang sudah lanjut usia. Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita di banding dengan pria. Dengan kurangnya hormone estrogen pada usia lanjut akan menyebabkan buruknya persendian pada tulang. 

e.       Faktor Kegemukan atau berat badan yang berlebih

Berat badan yang berlebih juga otomatis memberikan beban yang berlebihan pada tulang anda. Hal itu sudah menjadi pengaruh terhadap kesehatan sendi dan perkembangan sendi anda. Untuk itu dengan berat badan yang sesuai dengan tinggi tubuh bisa dijadikan dasar bagi terserangnya penyakit rematik.

f.       Faktor psikologis

Kelelahan pada fisik juga berakibat pada faktor psikologis tubuh. Dengan turunnya kemampuan fisik pada tubuh juga akan menyebabkan munculnya penyakit rematik pada tubuh.

g.      Faktor radikal bebas

Radikal bebas yang terdapat pada sinar matahari, polusi udara, dan bahan kimia yang bertebaran di sekitar lingkungan kita. Radikal bebas tersebut dapat bercampur di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Akibatnya akan menurunkan kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh. Sehingga akan merusak jaringan dan sel sel tubuh dan menyebabkan penyakit rematik.

Demikian beberapa informasi mengenai gejala penyakit rematik. Cara pencegahan penyakit rematik ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Sarang Semut. Artikel yang lainnya dapat anda baca mengenai penyakit rematik. Semoga beberapa informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Marilah kita menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

No comments: