Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Diabetes

Sekilas Pengertian tentang Diabetes

Diabetes atau yang sering di kenal dengan Diabetes Melitus merupakan penyakit yang sudah banyak berkembang di Indonesia. Secara ilmiah Diabetes dapat kita simpulkan suatu sindrom atau penyakit yang menjadi kacau pada metabolisme yang diakibatkan dari kombinasi keturunan dan lingkungan di sekitar. Kali ini pembahasan yang akan dibahas Di SarangSemutmu mengenai Diabetes. Penyakit diabetes ini juga di kenal sebagai penyakit kencing manis yang merupakan kadar glukosa pada tubuh di dalam darah menjadi tinggi dan meningkat dari biasanya yang dikarenakan tubuh tidak sanggup untuk memproduksi cairan insulin yang cukup untuk menetralisir kadar glukosa yang tinggi tersebut. Biasanya yang banyak dilakukan untuk mengetahui penyakit diabetes ini secara sederhana adalah melalui air seni atau air kencing si penderitanya. Namun cara ini sangatlah tidak efekktif digunakan sebagai cara untuk mengetahui apakah terdapat diabetes di dalam tubuh. 

Glukosa dalam tubuh berasal dari jenis makanan atau makanan yang setiap hari kita makan, yang selanjutnya di proses oleh lambung dan usus menjadi salah satu jenis gula yaitu glukosa. Lalu untuk mengalirkan glukosa tersebut ke dalam sel sel tubuh maka pancreas ditugaskan untuk menghasilkan cairan insulin untuk membantu proses tersebut agar berjalan dengan lancar. Mungkin hal tersebut banyak yang tidak kita ketahui dan kita sadari. Kemudian, glukosa yang dialirkan tersebut di serap oleh tubuh dan kemudian di bakar untuk menghasilkan energy untuk bergerak. 

Permasalahan ketika Diabetes mulai muncul pada tubuh seseorang adalah ketika pancreas tubuh tidak dapat menghasilkan cairan insulin yang cukup bagi glukosa untuk mengalir di dalam tubuh. Oleh sebab itu lama kelamaan kadar gula tersebut menjadi tinggi dikarenakan glukosa yang menumpuk dari makanan makanan yang di konsumsi tidak dapat di serap dengan baik menjadi energy tubuh. 

Sebagai informasi tambahan, insulin itu adalah sebuah cairan atau hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Hormon ini terdapat pada dinding sel di reseptor reseptor. Insulin tersebut mempunyai tugas untuk membuka reseptor tersebut yang ada pada dinding sel agar glukosa glukosa dapat memasuki sel sel darah. Selanjutnya sel sel tersebut mengubah glukosa menjadi energy energy yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari hari. Namun apabila insulin tersebut tidak cukup untuk membantu proses tersebut maka akan terjadi penumpukan dan penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan Diabetes pada tubuh. 

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang sangat berkembang saat ini. Bahkan Indonesia menjadi urutan ke 4 sebagai penderita diabetes terbanyak di dunia. Secara umum penyakit ini terbagi menjadi dua jenis utama yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Namun kita akan membahas secara lengkap mengenai jenis tersebut pada artike selanjutnya. Silahkan membaca artikel mengenai Jenis Diabetes

Pada proses penyembuhannya dapat dilakukan dengan menggunakan obat dan konsultasi dari dokter atau dengan cara penyembuhan secara tradisional yaitu mengkonsumsi Sarang Semut setiap harinya. Untuk itu silahkan membaca manfaat sarang semut dan khasiat sarang semut agar lebih paham lagi. Demikian informasi dan pembahasan secara lengkap mengenai Diabetes pada artikel ini. Silahkan membaca artikel yang lain untuk mengetahui informasi informasi yang lebih lengkapnya. Terima kasih sudah meluangkan waktunya dan semoga anda sehat selalu serta jagalah kesehatan anda dan keluarga.

No comments: