Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Jenis diabetes

Kenali Gejala Diabetes Disini

Jenis diabetes secara umum hanya terbagi dua jenis. Maka akan kita diskusikan secara jelas dan lengkap pada artikel ini. Apa saja dari kedua jenis tersebut?. Menurut hasil kesimpulan yang didapat dari beberapa sumber, maka jenis diabetes yang digolongkan oleh para dokter ahli yaitu

1.      Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini dalam bahasa kedokteran adalah Insulin Dependent Diabetes Melluitus atau Diabetes Mellitus yang bergantung pada Insulin. Pada jenis diabetes yang pertama ini sangat berkaitan dengan kinerja pankreas yang bertugas untuk menghasilkan insulin bagi tubuh sehingga berguna untuk menjalankan glukosa ke seluruh bagian tubuh yang menjadi energy bagi seseorang. Namun kendalanya adalah pankreas tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh glukosa tersebut menjadi energy.

Banyak penderita dari jenis diabetes tipe 1 ini merupakan anak anak dan remaja yang berusia masih di bawah 30 tahun. Oleh karena itu banyak yang memberikan istilah dari jenis diabetes tipe 1 ini sebagai diabetes anak anak. Karena akibat kelainan system imun tubuh pada anak anak tersebut maka sel sel yang menghasilkan insulin dalam tubuh berkurang. Penyebab jenis diabetes tipe 1 yaitu berasal dari pancreas. Penyebab pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin antara lain sebagai berikut :
  •  Dikarenakan oleh virus atau zat yang menyebabkan kerusakan pada sel dalam pancreas. Semakin banyak sel yang rusak maka semakin besar orang menderita penyakit diabetes ini.
  • Melalui faktor keturunan atau genetika. Faktor ini memang salah satu faktor yang jelas menderita penyakit diabetes. Apabila orang tua terkena dan menderita diabetes maka anak akan secara otomatis menderita diabetes, begitu juga pada saat kehamilan.
  • Autoimunitas. Yaitu alergi terhadap satu jaringan itu sendiri. Alergi ini akan menyebabkan pankreas tidak memproduksi insulin sehingga mengakibatkan system kekebalan tubuh menjadi berkurang.
Karena beberapa penyebab di atas maka cara untuk menyembuhkan penyakit diabetes tersebut dengan memberikan suntikan insulin setiap saat bagi penderitanya serta memperbaiki kembali fungsi pancreas. Selanjutnya kita membahas jenis diabetes kedua yaitu :

2.      Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 ini dalam bahasa kedokteran juga bernama Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus atau Diabetes Mellitus tanpa bergantung pada Insulin. Pada jenis kedua ini sangat berbeda dengan jenis yang pertama diatas. Penyebabnya bukan karena pankreas tidak mampu memproduksi insulin tetapi melainkan insulin yang diproduksi tidak cukup untuk kebutuhan tubuh seseorang. Insulin yang diproduksi berbeda beda tiap orangnya. Dari keseluruhan insulin yang diproduksi dihisap oleh sel sel lemak. Sehingga pankreas tidak dapat mengatasi masalah tersebut lalu kadar gula dalam darah atau glukosan menjadi naik dan menumpuk pada bagian bagian tertentu. Hal ini terjadi karena kelebihan berat badan dan pola makan yang tidak baik.

Jenis diabetes kedua ini merupakan jenis yang terbanyak di derita di Indonesia. Penderitanya biasanya berusia di atas 30 tahun. Karena faktor kebiasaan yang buruk maka dapat menyebabkan timbulnya jenis penyakit yang berbahaya lainnya. Penyebab dari jenis diabetes kedua ini secara ringkas yaitu :
  • Jarang melakukan olahraga
  • Memiliki kolesterol yang tinggi
  • Kelebihan berat badan yang tidak terkontrol
  • Memiliki pola makan yang tidak sehat dan tidak baik.
  • Berasal dari faktor keturunan
Rata rata dari penyebab diatas berasal dari gaya hidup dan pola makan yang tidak baik serta tidak sehat untuk tubuh. Sehingga membuat metabolisme dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik dan sempurna. Insulin insulin yang dihasilkan pun di serap oleh sel sel lemak kotor tubuh. Begitu juga dengan wanita hamil. Beberapa perawatan dan pengobatan yang dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan dari dokter ahli lalu mengkonsumsi obat obatan seperti pil untuk memaksa fungsi kerja pankreas. Selain itu dengan menurunkan berat badan dan kolesterol pada tubuh. Cara tradisional yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat herbal seperti Sarang Semut yang dikonsumsi setiap hari untuk membantu tubuh memproses insulin dan antibody.

Demikian beberapa informasi dan penjelasan yang detail mengenai jenis diabetes yang banyak di derita secara umum. Semoga informasi di atas bermanfaat dan terima kasih atas waktunya. Silahkan membaca artikel lainnya mengenai sarang semut dan penyakit diabetes serta penyakit lainnya. Semoga anda sehat selalu dan jagalah kesehatan serta pola makan anda. 

No comments: