Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Kanker paru-paru

Kenali Apa itu Kanker Paru-paru disini

Kanker paru-paru – pada kesempatan kali ini SarangSemutmu akan membahas secara lengkap mengenai Kanker paru-paru. Sebelum membahas tentang apa itu Kanker paru-paru, akan sangat lengkap lagi apabila kita pelajari terlebih dahulu sekilas tentang pengertian dari paru-paru. Paru-paru merupakan sebuah organ yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tanpa paru-paru yang sehat, otomatis kehidupan yang dijalani akan sangat menderita. Dibawah ini adalah penjelasan tentang Paru-Paru manusia.

Pengertian Paru-paru  

Paru-paru merupakan salah satu dari banyaknya organ tubuh manusia yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Organ tubuh yang satu ini terdapat di dalam dada manusia. Tugas utama dari paru-paru adalah bernafas. Paru-paru mampu untuk menghisap oksigen untuk diolah di tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk gas karbondioksida hasil dari pengolahan tersebut. Proses pengolahan gas Oksigen dibantu oleh zat hemoglobin yang terdapat dalam darah untuk disalurkan keseluruh tubuh dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk karbondioksida. Proses pengolahan ini dinamakan proses respirasi atau proses pernafasan
Begitu pentingnya organ paru-paru sehingga paru-paru terdapat didalam rongga dada atau biasa disebut thoracic cavity.selain itu paru-paru juga dilindungi oleh tulang tulang selangka dan juga ditutup dengan dinding yang disebut pleura. Dengan demikian ada dua struktur pelindung yang melindungi paru-paru Selain itu, kedua lapisan tersebut juga dilapisi oleh rongga pleural yang berisikan cairan pleuran yang biasa dikenal dengan lapisan udara.

Di saat kita bernafas, paru-paru bertugas menarik udara dari kerongkongan. Pada saat nafas tersebut dihembuskan banyak sekali organ tubuh yang terlibat seperti tulang rusuk yang tertarik kedalam dan organ lain yang berada diatas tulang usus yang dinamakan diafragma naik keatas. Nah pada proses tersebut paru-paru kita akan semakin mengecil dan udara yang ada didalam kerongkongan akan berhembus keluar.
Nah itu dia sekilas tentang paru-paru. Nah mari kita bahas mengenai Kanker paru-paru yang menjadi bahasan utama kita kali ini

Definisi dari kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan sel-sel yang tumbuh tidak terkontrol di dalam organ paru-paru yang lama-kelamaan menjadi sel kanker. Sampai dengan saat ini proses berjangkitnya kanker paru-parusampai dengan tumbuh berkembangnya berlum benar-benar diketahui secara pasti. {sekedar tambahan : proses timbulnya suatu penyakit sampai dengan infeksi tingkat akhir dari suatu penyakit dinamakan pathogenesis}. Kanker paru-paru biasanya tumbuh dari dalam sel paru-paru itu sendiri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kanker paru-paru bisa muncul karena rembetan dari sel kanker dari organ tubuh lain yang berasal dari sekitar paru-paru. Tidak seperti kanker otak yang pertumbuhan sel hanya dari bagian otak saja. “baca Pengertian kanker otak DISINI”. Setelah mengetahui pengertian kanker paru-paru sekarang mari kita bahas tentang Jenis kanker paru-paru.

Jenis kanker paru-paru

Jenis Kanker paru-paru sebenarnya terdiri dari beberapa bagian, akan tetapi secara garis besar kita dapat bagi menjadi tiga bagian yaitu :
1.      Mesothelioma
2.      Karsinoma sel kecil dan
3.      Karsinoma non sel kecil
Dibawah ini penjelasan dari ketiga jenis kanker paru-paru tersebut.

Mesothelioma

Mesothelioma adalah salah satu jenis dari kanker paru-paru yang menyerang bagian membran pleura di bagaian paru-paru. Akan tetapi jenis dari kanker paru-paru satu ini sangat jarang terjadi selain itu pertumbuhan mesothelioma sangat lambat dibandingkan jenis kanker paru-paru yang lain. Terkadang perkembangan mesothelioma ini bisa mencapai waktu 25 tahun sampai dengan 50 tahun.

Karsinoma sel kecil

Karsinoma sel kecil merupakan jenis dari kanker paru yang cukup banyak ditemukan tapi tidak sebesar karsinoma non sel kecil. Bisa diperkirakan jumlahnya hanya sekitar 15% dari kanker paru-paru yang ditemukan dari pengidapnya. Jenis kanker paru-paru sel kecil ini memiliki sifat perkembangan yang sangat cepat. Hampir kebanyakan yang menderita kanker jenis ini menyadari bahwa dirinya terkena kanker paru-paru pada saat kanker tersebut sudah ada tahapan akhir dan hampir sangat sulit disembuhkan. Bisa dibilang Karsinoma sel kecil amat sangat berbahaya.

Karsinoma non-sel kecil

Yang terakhir adalah karsinoma non sel kecil. Jenis kanker paru-paru yang satu ini adalah jenis kanker paru-paru yang sangan umut di temukan. Jumlahnya bisa diperkirakan lebih dari 80% dari pengidap kanker paru-paru ini. Meskipun kanker paru-paru ini sangat besar ditemukan akan tetapi karsinoma non sel kecil memiliki pertumbuhan yang relative lambat. Kanker ini biasanya tumbuh dengan melewati tahapan-tahapan stadium dalam jaringan-jaringan paru-paru. Karsinoma non sel kecil biasa menyerang saluran yang terhubung ke paru-paru. Baik saluran utama maupun saluran saluran yang kecil-kecil.

Itu dia Artikel singkat mengenai kanker paru-paru. Baca juga artikel terkait yang lain seperti gejala kanker paru-paru, penyebab kanker paru-paru, sampai dengan cara mengobati kanker paru-paru. Akan tetapi bila anda menginginkan kesehatan baik untuk pencegahan maupunmengobati kanker Paru-paru, sekarang sudah ditemukan obat herbal yang sangat efektif untuk mencegah maupun mengobati kanker paru-paru yaitu dengan mengkonsumsi sarang semut. sarang semut sudah diteliti memiliki khasiat untuk mencegah maupun mengobati kanker paru-paru. Baca selengkapnya mengenai apa itu Sarang Semut dan khasiat sarang semut DISINI. Semoga artikel tentang kanker paru-paru ini bermafaat. terimakasih

No comments: