Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Penyebab penyakit stroke

Kenali Penyebab Penyakit Stroke Disini

Penyebab penyakit stroke –Kali ini SarangSemutmu akan membahas tentang apa saja yang menjadi Penyebab penyakit stroke. Penyebab penyakit stroke akan terjadi secara tiba tiba dan tanpa diketahui. Stroke merupakan penyakit pembunuh ketiga di dunia. Menurut penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan setiap orang dapat terserang oleh penyakit stroke dan penyakit stroke ini cenderung menyerang seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau mengalami kegemukan.
Sedangkan di Indonesia, penyakit stroke ini merupakan penyakit pembunuh kedua setelah penyakit jantung. Rusaknya pembuluh darah dan penyempitan pembuluh darah ke otak merupakan gejala utama dari penyakit stroke. Sehingga menciptakan kelumpuhan bahkan kematian. Stroke secara umum dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.
Stroke iskemik merupakan gejala yang disebabkan tersumbatnya aliran darah ke otak. Sedangkan stroke hemoragik merupakan gejala yang disebabkan pecahnya pembuluh darah ke otak dan merusak sel sel saraf otak. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail.

Penyebab penyakit stroke Antara lain :

  • Mengalami tekanan darah tinggi. Darah tinggi atau yang sering dikenal hipertensi merupakan tekanan darah yang tidak normal atau tekanan yang di atas normal. Gejala awal pada darah tinggi ini di antaranya kepala terasa pusing, mudah cepat marah, dan badan terasa sakit.
  • Apabila sering terjadi tekanan darah tinggi pada diri anda maka akan memicu pecahnya pembuluh darah pada otak anda yang menyebabkan rusaknya sel sel saraf otak yang lain. Stroke yang akan diderita adalah jenis stroke hemoragik. Yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada otak, kelumpuhan, hingga kematian secara mendadak.
  • Banyaknya lemak dalam tubuh. Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih atau mempunyai tumpukan lemak yang berlebih pada tubuh, sebaiknya anda harus mulai berhati hati. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di kanada mendapatkan kolesterol dan lemak akan menyebabkan penyakit stroke secara konsisten.
  • Merokok dan konsumsi alcohol. Pemakaian kedua hal tersebut dapat menyebabkan kemungkinan besar terjadinya penyakit stroke tiga kali lebih besar.
  • Stress serta depresi. Perasaan negative dan beban pikiran yang banyak akan meningkatkan risiko penyakit stroke hampir 50%. Jenis stroke iskemik akan terserang bagi seseorang yang selalu depresi dan stress.
  • Adanya Gangguan jantung. Gangguan Jantung merupakan faktor yang meningkatkan terjadinya resiko penyakit stroke. Kelainan pada jantung juga menyebabkan tekanan darah yang berubah ubah.
  • Tidak melakukan aktivitas fisik. Gaya hidup malas dan tidak sehat merupakan penyebab penyakit stroke di usia muda.
  • Menderita penyakit diabetes. Penyakit ini adalah penyakit yang mempunyai tingkat resiko hingga tiga kali lipat untuk terkena serangan stroke. Biasanya menyerang pada usia di atas 50 tahun.
Demikian beberapa poin utama yang merupakan penyebab penyakit stroke yang di derita sebagian besar orang. Penyebab utama dari penyakit stroke ini adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semoga bermanfaat informasi di atas. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan baca artikel utama lainnya.

No comments: