Artikel Kesehatan

[kanker][twocolumns]

Popular Posts

Powered by Blogger.

Jenis jenis stroke

Kenali Jenis jenis stroke disini


Jenis jenis stroke menurut ilmu kedokteran dibagi menjadi dua jenis. Kali ini akan kita bahas pada artikel mengenai jenis jenis stroke. Sebelum itu kita sudah membahas berbagai macam mengenai stroke mulai dari penyakit stroke, pengertian stroke, gejala awal stroke, dan lain lain. Anda dapat membaca lebih dalam lagi tentang stroke pada kategori di bagian atas blog sarangsemut ini. 

Bagi beberapa di antara kita sulit untuk mengetahui penyebab stroke ringan. Penyakit ini sering melanda banyak orang. Oleh karena itu berikut ini beberapa tanda peringatan bahwa penyakit stroke akan mendatangi anda. Simaklah beberapa poin di bawah ini :
  • Sulit melihat pada salah satu mata secara tiba tiba
  • Merasakan sakit kepala secara tiba tiba
  • Mendadak mati rasa pada bagian wajah maupun kaki atau lengan
  • Keseimbangan tubuh tidak terjaga atau pusing   
Tanda peringatan di atas merupakan gejala awal yang akan dirasakan sebelum menyebar ke seluruh tubuh. Anda harus memahami beberapa poin di atas sehingga lebih paham dan mengerti kesehatan tubuh. Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis jenis stroke. Ada dua jenis utama stroke yang sering terjadi di sekitar kita. Berikut penjelasan mengenai kedua jenis tersebut :

1.     Stroke Iskemik

Stroke iskemik ini merupakan stroke yang terjadi akibat pembuluh darah ke otak mengalami penyumbatan. Dan penyakit jenis stroke ini paling banyak di jumpai di Indonesia. Bahkan hampir 90% stroke berasal dari jenis penyakit stroke iskemik ini. 

Selain itu jenis penyakit ini juga berasal dari tumpukan lemak yang melapisi dinding setiap pembuluh darah. Selain lemak juga terdapat timbunan kolesterol dan zat zat lainnya pada dinding pembuluh darah arteri tersebut. Selanjutnya zat atau plak tersebut akan membuat darah sulit untuk mengalir ke otak dengan baik dan lama kelamaan akan menyebabkan pembekuan pada darah. Hal inilah yang harus wajib di waspadai oleh banyak orang. 

Akibatnya akan terlihat pada fungsi fungsi otak secara perlahan lahan akan mengalami masalah. Lalu stroke jenis ini dibedakan berdasarkan penyebab sumbatan pembuluh darah arterinya. Berikut penjelasan dari dokter ahli :
  • Stroke embolik. Yaitu penyumbatan yang disebabkan oleh gelembung udara atau pecahan lemak di bagian tubuh lain seperti daerah jantung dan pembuluh darah aorta di jantung. Selain itu kelainan jantung juga dapat menimbulkan kondisi di mana thrombus di jantung terpompa dan menuju ke otak.
  • Stroke trombotik. Yaitu penyumbatan yang disebabkan thrombus berkembang di dalam pembuluh darah otak sehingga menjadi sempit.

2.     Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik disebabkan akibat pembuluh darah yang pecah di dalam atau di luar otak atau di sekitar otak sehingga terhentinya suplai darah ke jaringan otak. Selanjutnya darah yang pecah tersebut akan segera membanjiri jaringan otak dan mematikan fungsi otak secara cepat. Stroke hemoragik ini juga terbagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Pendarahan subarachnoid. Yaitu pendarahan yang terjadi di dalam ruang subarachnoid atau pada ruang jaringan selaput otak. Penyebab utama dari pendarahan ini adalah pecahnya darah atau tonjolan dalam pembuluh arteri. Jenis penyakit stroke hemoragik ini merupakan jenis penyakit stroke yang sering dan banyak menyerang wanita dibandingkan menyerang pria. Akibat dari stroke ini adalah terjadi cacat permanen pada tubuh atau kematian.
  • Pendarahan intraserebral. Yaitu pendarahan yang terjadi di dalam otak yang disebabkan oleh cedera otak atau adanya kelainan pada pembuluh darah. Penyebab lainnya yang parah adalah akibat tekanan darah tinggi yang sudah kronis. Pendarahan ini atau stroke jenis ini akan hanya terjadi 10% dari seluruh penyakit stroke. Namun akibat yang dihasilkan dari stroke hemoragik ini adalah kematian juga.
Demikian dua jenis jenis stroke utama yang sering ditemui dan ditangani oleh dokter ahli. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda. silahkan membaca artikel mengenai stroke lainnya pada kategori stroke. Semoga sehat selalu untuk anda dan jauh dari penyakit stroke ini. Terima kasih.

No comments: